Pages

Kamis, 23 Desember 2010

Nggak usah nyiksa buat kurus

Memiliki badan yang ideal dan langsing adalah impian hampir setiap wanita didunia ini. Oleh karena itu banyak wanita dengan berbagai cara ingin memiliki tubuh dengan tetap langsing dan ideal di mata pasangannya. Bagi yang sudah memiliki bentuk tubuh yang langsing, tentunya juga berusaha keras untuk mempertahankannya. Sehingga tak heran jika kita temui wanita yang sesaat telah melahirkan, berusaha keras untuk menjadikan tubuhnya seindah yang dulu lagi.

Salah satu cara yang mungkin paling terkenal diantara kita untuk merampingkan tubuh adalah dengan cara melakukan diet. Diet sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu usaha dalam bentuk tindakan untuk mengatur pola makan se-ideal mungkin sehingga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan menjaga tubuh agar tetap dalam bentuk yang terbaik. Namun sayangnya, sekarang-sekarang nih banyak dijumpai cara-cara atau jenis-jenis diet yang telah melenceng dari defininisi diet itu sendiri, dimana lebih mengejar untuk mengembalikan badan dalam bentuk terbaik, tapi mengabaikan dampak terhadap kesehatan tubuh apakah baik atau sebaliknya.

Hmmm… Langsung saja yah, berikut ini adalah 5 jenis diet bahaya yang harus dihindari (sangat tidak dianjurkan!!!), karena sangat membahayakan kesehatan tubuh bagi wanita yang melakukannya:

***Pertama: Jenis diet pola pemilihan menu makan yang sangat selektif

Memang dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan jenis makanan yang dapat meningkatkan berat badan (tapi jika kita memakannya berlebihan!). Tubuh manusia membutuhkan beraneka-ragam jenis makanan untuk mendapatkan beraneka-ragam jenis zat gizi yang terkandung dalam variasi jenis makanan tersebut. Jadi walaupun ada jenis makanan tertentu yang dapat menaikkan berat badan, dan kemudian kita menghindari secara total untuk memakannya dalam rentang waktu tertentu, maka tubuh tidak mendapatkan zat gizi (dalam jumlah yang tidak terlalu besar biasanya) yang terkandung dalam makanan yang dihindari tersebut.

Lagi pula jika kita membiasakan untuk menerapkan jenis diet ini, maka jika waktu diet yang kita tetapkan telah usai, dan menerapkan pola makan seperti biasanya kembali, maka kita akan menerapkan pola makan lama dengan banyaknya godaan untuk memakan makanan yang dihidari selama diet sebagai bentuk balas dendam selera. Hmmm…Al-hasil gendut lagi dech.

***Kedua: Jenis diet detoks

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar tentang jenis diet ini, terutama bagi kalangan yang menginginkan diet dengan cara instant. Diet detoks adalah diet dimana dengan cara organ dalam tubuh kita, terutama dari jenis zat makanan yang membuat tubuh menjadi gemuk. Diet ini dipercaya oleh para ahli hanya mampu membuat tubuh langsing untuk waktu yang tidak lama atau sementara. Karena pada dasarnya tubuh telah dilengkapi sistem yang dapat membersihkan tubuh sendiri, terutama dari racun yang tidak diinginkan oleh tubuh sehingga kita tidak memerlukan usaha extra untuk membersihkannya.

Yang pelu kita lakukann adalah untuk menjaga agar alat pembersih tubuh tersebut jangan sampai melakukan pekerjaan pembersihan yang berat, bagaimana caranya? Ya, tentu saja dengan menjaga pola makan kita teratur dengan baik sehingga tubuh dapat mendapatkan asupan gizi dengan cukup (tidak kekurangan atau sebaliknya berlebihan). Menjaga pola makan disini secara sederhana dapat digambarkan dengan memakan makanan yang dapat mennyebabkan kegemukan dengan takaran secukupnya (jangan mengindarinya secara total), dan memperbanyak asupan vegetarian dan buah-buahan (tentunya juga secukup-nya dan terartur, jangan berlebihan).

***Ketiga: Jenis diet dengan racikan obat atau makanan tertentu

Terkadang karena kita terlalu ngebet ingin segera memiliki tubuh yang langsing, maka akal sehat kita secara medis terabaikan. Sehingga tak jarang ada beberapa orang yang percaya dengan mengkonsumsi ramuan obat tertentu maka dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Sehingga jika kita mendapatatkan tawaran bahwa dengan mengkonsumsi ramuan tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk menurunkan berat badan (biasanyan untuk menarik pembeli, biasanya kita tanpa perlu memperhatikan pola makan!) maka pelajari lebih lanjut hal tersebut. Jangan sampai kita membahayakan kesehatan kita hanya karena ingin langsing dengan menggunakan cara-cara instant yang belum terbukti kebenarannya secara medis.

***Ke-empat: Jenis diet dengan puasa

Hmm… Salah satu jenis diet ini tentunya sangat menggelikan. Banyak sumber yang mengatakan jika ketika berpuasa tapi diiringi dengan niat diet biasanya hasil malah sebaliknya yaitu bukannya berat badan turun tapi melainkan malah naik, loeh kenapa? Sebenarnya hal ini tergantung dari diri kita masing-masing, namun biasanya ketika melakukan puasa, kemudian setelah waktunya berbuka tiba, maka nafsu makan akan meningkat secara derastis dan umumnya hal ini hampir dialami oleh setiap orang.

Sebagai informasi tambahan saat melakukan puasa berat badan biasanya turun, namun hal ini biasanya lebih dikarenakan  turunnya kandungan cairan, otot dan sedikit lemak (biasanya bersifat sementara). Dan apabila setelah sesaat selesai melakukan puasa, berat badan kita naik, maka hal itu mengindikasikan bertambahnya lemak dalam tubuh sebenarnya. Jadi dengan melakukan puasa sebenarnya kita mendekati pola makan yang kemungkinan 2 kali lipat besarnya untuk dapat menaikkan berat badan jika dibandingkan jika kita menggunakan pola makan biasa. Nah, oleh karena itu tidak heran banyak orang (terutama cowok tuh) perutnya buncit-buncit dan berat badan naik ketika lebaran datang he4. Jadi jangankan asumsikan puasa untuk diet-yah, tapi lebih untuk beribadah semata, Dan kalaupun badan jadi langsing anggap aja itu bonus he4x.

***Ke-lima: Jenis diet yang salah kaprah dengan ilmu kesehatan yang semestinya

Jenis diet disini sebenarnya dapat diartikan sebagai diet yang menyalahi aturan kesehatan yang seharusnya dilakukan dengan baik, tapi malah dihindari. Diet jenis ini biasanya lebih lekat dengan mitos masyarakat tentang bagaimana caranya menurunkan berat badan dengan exstrim. Diet seperti ini sangat-sangat membahayakan kesehatan fisik tubuh kita. Sebagai contoh, mungkin kita pernah mendengar dengan melakukan diet dengan tidak minum air putih dalam beberapa hari atau sebaliknya dengan meminum air berlebihan dalam jangka waktu tertentu.

Begitulah 5 jenis diet yang harus kita hindari. Mungkin selain 5 jenis diet diatas, ada beberapa jenis diet lainnya yang bisa membahayakan kesehatan kita, oleh karena itu sebaiknya pelajari lebih lanjut tentang metode diet yang kita akan lakukan, apakah aman atau tidak!

Lalu diet yang gimana sih yang dianjurkan? Hmm… Sebenarnya diet yang dianjurkan sangatlah sederhana yaitu dengan hanya memperhatikan pola makan kita sehari-hari dengan benar. Atau jika tidak mau repot ya, mungkin cukup melakukan diet dengan makan secukupnya, dan jangan sampai kita kelaparan!

0 komentar:

Posting Komentar