Pages

Jumat, 24 Desember 2010

Bahaya hamster atau kucing

Hamster relatif lebih aman untuk binatang peliharaan.

Memang Hampir semua hewan berdarah panas dapat terinfeksi Protozoa parasit toxoplasma., seperti kucing hamster sapi, kuda, tikus, domba, anjing, ayam, burung, babi dll, Satwa liar seperti musang, harimau, anjing hutan, dll juga dapat terinfeksi toxoplasma.

Toxoplasma menular lewat sal cerna, dan hanya kucing yg bisa mengeluarkan toxo di kotorannya, tapi tidak hanya kucing yg bisa menularkan toxo ke manusia atau hewan lain. Serat daging yang mengandung toxo bisa juga menjadi sumber penularan

Mengapa kucing yang bisa menularkan ?? Pada hewan-hewan selain kucing toxoplasma berkembang biak dengan cara non seksual. Kucing adalah inang definitif toxoplasma. Dalam tubuh kucing, toxoplasma dapat berkembangbiak dengan cara seksual dan non seksual.

Tetapi Hamster masih memungkinkan untuk menyebabkan alergi, itupun bagi yang orang-orang tertentu yang emang gak tahan dengan bulu hamster. Hal ini berlakupula bagi binatang peliharaan lainnya.

Kemungkinan bahaya lain, bagi jenis hamster tertentu emang kadang menggigit.
Dalam memelihara binatang, salah satu faktor terpenting adalah menjaga kebersihan, binatang apapun kalo nggak dijaga kebersihannya, akan menjadi sumber penyakit juga.

0 komentar:

Posting Komentar