Pages

Kamis, 24 Februari 2011

tetap cantik dan sehat pakai kerudung/jilbab



Kerudung yang dulunya merupakan salah satu pakaian penutup aurat wanita telah menjadi tren mode tersendiri. Berbagai model, corak, dan bahan kerudung dapat kita temukan dengan mudah di pasaran. Bagi Anda yang sering berkerudung dengan aneka model dan bahan, ada baiknya Anda memerhatikan saran berkerudung yang sehat berikut ini.
1.   Bahan Kerudung
Pilihlah ban kerudung yang dapat menyerap keringat. Syarat ini merupakan keharusan bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Bahan yang menyerap keringat tersebut misalnya katun dan kaos. Katun dan kaos memiliki kerapatan pori-pori yang besar sehingga sirkulasi udara di kepala berjalan dengan baik. Keringat dapat meresap ke bahan kerudung dan melepas panas ke luar tidak membekapnya di kepala.
2.   Batasi Tumpukan Kerudung
Model kerudung tumpuk memang sedap dipandang mata. Hanya saja Anda perlu membatasinya sampai helai keempat. Kerudung yang terlalu tebal lapisannya akan membuat kepala panas sehingga rambut menjadi lembap. Kondisi kepala yang lembap ini dapat membuat kenyamanan Anda terganggu. Untuk lapisan yang paling bawah, usahakan agar terbuat dari bahan yang menyerap keringat. Sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakan kerudung model tumpuk karena cukup membebani kepala Anda.

3.   Siasat Rambut Panjang
Rambut yang terlalu panjang dapat menghambat Anda saat menggunakan kerudung. Maka dari itu, Anda dapat menjaga panjang rambut Anda agar tidak lebih dari 60 cm. Gulungan rambut yang panjang akan terlihat menyembul di kerudung Anda. Rambut juga sebaiknya jangan diikat terlalu keras. Sebab kondisi rambut terikat kencang dan tertutup kerudung akan sangat menyiksa rambut Anda.
4.   Pemilihan Warna
Jika Anda banyak beraktivitas di luar ruangan, pilihlah warna-warna cerah, warna cerah atau putih akan memantulkan sinar matahari. Warna gelap sebaliknya, akan menyerap sinar matahari sehingga kepala akan cepat terasa panas. Pakailah warna gelap jika Anda banyak beraktivitas di dalam ruangan atau pada saat malam hari.
5.   Gaya Ikat Leher
Salah satu cara menggunakan kerudung adalah mengikatkan kain kerudung pada leher. Sebaiknya Anda tidak selalu mengikat leher dengan kain kerudung karena akan menghambat sirkulasi udara di leher dan kepala. Lepaskan saja ujung kerudung sehingga menjuntai ke bawah. Model ini lebih menyehatkan daripada model lilitan yang rapat dan terkesan menyesakkan.
Harga kerudung tidak perlu mahal, yang penting dapat membuat Anda nyaman dan sehat. Kerudung yang cocok atau terlihat manis pada orang lain belum tentu pantas Anda kenakan. Lima tips di atas merupakan prinsip dasar yang patut Anda pikirkan saat menggunakan kerudung.

0 komentar:

Posting Komentar