Pages

Jumat, 04 Maret 2011

hardware jaringan

Dalam tulisan ini saya akan membahas perangkat keras yang dibutuhkan pada jaringan komputer. Bagi yang masih bingung apa itu jaringan komputer, Anda bisa membacanyadisini (C) . Terdapat sejumlah perangkat yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan, diantaranya LAN Card atau NIC (Network Interface Card), Hub, Switch, Bridge, Router, dan Repeater. Ok, ga usah banyak basa-basi; kita coba kenalan dengan perangkat-perangkat tersebut.
LAN Card
Istilah lain dari LAN Card adalah NIC yang merupkan kependekan dari Network Interface Card. Kartu jaringan atau LAN Card ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain. Selain LAN Card, juga dibutuhkan media transmisi atau media pengiriman data agar komputer dapat saling bertukar informasi. Media yang biasa dipakai bisa berupa kabel dan atau nirkabel (istilah kerennya ceh wireless J ).
HUB
Komputer bisa dikategorikan sebagai jaringan komputer apabila komputer tersebut terhubung dengan komputer lain dan dapat saling berkomunikasi serta bertukar informasi. Dua komputer saja dapat dikatakan sebagai jaringan asalkan bisa saling berkomunikasi. Anda hanya membutuhkan LAN Card beserta kabel dan konektornya untuk menjadikan 2 komputer dapat saling share informasi. Tetapi, untuk jaringan yang melibatkan lebih dari 2 komputer maka Anda membutuhkan HUB sebagai terminalnya. HUB ini mempunyai sejumlah port yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam jaringan. Untuk lebih jelasnya ada baiknya Anda simak gambar dibawah ini (Y)  :
Gambar diatas adalah jaringan komputer sederhana yang melibatkan 2 buah komputer tanpa menggunakan HUB. Sedangkan yang dibawah ini adalah gambar jaringan yang melibatkan lebih dari dua komputer dengan HUB sebagai terminalnya.
Switch
Hampir sama dengan HUB yakni digunakan untuk menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN. Bedanya dengan HUB adalah Switch mampu mengalihkan jalur dan memfilter informasi ke dan dari tujuan yang spesifik sedang HUB tidak mampu menentukan tujuan dan hanya mengirimkan sinyal kesetiap komputer yang terhubung ke jaringan. Disamping itu Switch bekerja dengan mode Full-Duplex (dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama) sedangkan HUB dengan mode Half-Duplex (data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama).
Bridge
Sesuai dengan namanya Bridge adalah layaknya sebuah jembatan yang digunakan untuk menghubungkan dua buah media jaringan yang berbeda. Misalnya  media jaringan menggunakan kabel UTP dengan FO (Fiber Optic). Bridge dapat dibagi menjadi 3 tipe yaitu:
1. Local Bridge: sebuah Bridge yang menghubungkan jaringan lokal secara langsung
2. Remote Bridge: dapat digunakan untuk menghubungkan LAN dengan WAN
3. Bridge Nirkabel: menjembatani jaringan LAN berkabel dengan jaringan tanpa kabel atau nirkabel
Repeater
Repeater atau penguat adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menerima sinya dan kemudian meregenerasi/menguatkan sinyal tersebut, sehingga sinyal yang diterima akan diteruskan tanpa terjadi degradasi atau pengurangan sinyal.
Router
Perangkat jaringan ini berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan paket data sepanjang jaringan menggunakan header dan tabel forwarding sehingga bisa menentukan rute terbaik untuk transportasi data.




Sumber: http://itusudah.com

0 komentar:

Posting Komentar