Pages

Jumat, 04 Maret 2011

pembagian jaringan komputer

Pembagian jaringan komputer biasanya didasarkan pada jarak jaringan komputer satu dengan lainnya, yaitu: LAN, MAN dan WAN.
1)      LAN (Local Area Network) yaitu rancangan dasar jaringan komputer yang dibatasi area yang relatif kecil, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antar node (komputer) tidak lebih jauh dari 200 m. Gambar berikut adalah contoh sebuah jaringan paling sederhana; misalnya jaringan dalam sebuah lab. komputer yang belum terhubung dengan jaringan digedung atau diruangan lainnya.
Yang satu ini adalah pengembangan dari LAN diatas (gabungan dari 2 LAN); jaringannya tidak hanya sebatas disatu ruangan tetapi sudah terhubung dengan LAN di ruang lainnya.
2)      MAN (Metropolitan Area Network) yaitu jaringan yang meliputi area yang lebih besar dari LAN. Misalnya: jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank didalam sebuah kota besar.
3)      WAN (Wide Area Network) yaitu jaringan komputer yang mempunyai jangkauan paling luas, meliputi antar negara dan benua.

0 komentar:

Posting Komentar