Pages

Sabtu, 12 Maret 2011

Letusan gunung terdahsyat di dunia

Sejak ribuan tahun yang lalu, telah terjadi letusan gunung di permukaan bumi. Beberapa bahkan menjadi letusan gunung terdahsyat yang pernah tercatat dalam sejarah. Kategori “terdahsyat” diberikan karena efeknya yang sungguh luar biasa, baik di sekitar gunung maupun sampai ke wilayah yang cukup jauh.
Berikut ini beberapa letusan gunung terdahsyat yang perlu Anda ketahui :
Gunung La Garita (Colorado)
Pada zaman purba, diperkirakan banyak sekali terjadi letusan gunung yang sangat besar. Salah satu yang diperkirakan menjadi letusan gunung terdahsyat di dunia dan di sepanjang sejarah adalah letusan Gunung La Garita yang diduga terjadi 27 juta tahun yang lalu. Sebanyak 5 ribu kilometer kubik lava yang dimuntahkan mampu menutupi seluruh wilayah sekitarnya sampai setebal 12 meter.

Gunung Tanpo (Selandia Baru)
Meletus sekitar 26 ribu tahun yang lalu. Letusannya yang dahsyat hampir disamakan dengan Gunung La Garita. Namun, sama halnya dengan La Garita, tak banyak catatan sejarah tentang gunung yang satu ini.

Gunung Toba (Indonesia)
Gunung berapi yang ada di Indonesia ini diperkirakan meletus sekitar 74 ribu tahun lalu. Gunung raksasa ini meletus dan menyisakan kaldera terbesar di dunia, yaitu Danau Toba. Letusan Gunung Toba memuntahkan berbagai material ke seluruh dunia serta menyemburkanawan debu yang menutupi sebagian besar permukaan bumi.
Hal inilah yang diperkirakan menjadi awal dari zaman es terakhir, karena gara-gara awan debu yang menghalangi sinar matahari ini, suhu bumi bahkan sampai mencapai 15 derajat Celcius selama berpuluh-puluh tahun.

Gunung Vesuvius (Italia)
Gunung ini telah meletus berkali-kali sejak ribuan tahun yang lalu. Setiap meletus, gunung ini akan memuntahkan berbagai material dan menyapu bersih wilayah pada radius 12 kilometer di sekitarnya. Bahkan, gunung ini menyemburkan batu apung sebesar puluhan centimeter. Hujan batu apung ini tentu bisa merusak apapun, termask rumah.

Gunung Tambora (Indonesia)
Pada tahun 1815, telah terjadi serangkaian erupsi yang menjadikan gunung ini masuk ke dalam jajaran letusan gunung terdahsyat di dunia. Efeknya bahkan sampai ke luar negeri seperti Eropa dan Amerika.
Awan beracun, panas, dan segala efek yang ditimbulkan oleh Gunung Tambora, benar-benar hampir memusnahkan kehidupan di sekitarnya. Bahkan, Eropa dan Amerika sempat tidak mengalami musim panas di tahun 1816 gara-gara letusan gunung ini.

Gunung Krakatau (Indonesia)
Gunung ini meletus pada 26 Agusutus 1883 dengan suara letusan yang bisa terdengar sampai Australia dan Afrika yang jaraknya 4 ribu kilometer lebih.
Bahkan, diperkirakan kekuatan ledaknya bisa mencapai 30 ribu kali dari bom atom yang jatuh di Hiroshima dan Nagasaki. Gara-gara abu vulkanik gunung ini, dunia sempat gelap selama sekitar 2 hari. 

Gunung Pelee (Perancis)
Salah satu letusan gunung terdahsyat lainnya adalah letusan dari Gunung Pelee pada 8 Mei 1902. Semua penduduk di kota dekat gunung ini tewas akibat semburan lava panas yang menyerupai air mancur sekaligus awan beracun yang langsung menyelimuti kota dengankecepatan 600 mil/jam.

Gunung Ruiz (Kolumbia)
Gunung ini telah meletus berkali-kali, yaitu pada tahun 1595 dan juga 1845. Karakteristik gunung ini adalah memuntahkan lumpur panas yang bisa melumat seisi kota.
Puluhan tahun yang lalu, dibangun sebuah kota di atas magma yang sudah mengering, yaitu Kota Armero. Namun, tahun 1985, kembali terjadi letusan dahsyat yang langsung menewaskan sebagian besarpenduduk Armero.

Gunung Eyjafjallajokull (Islandia)
Tak hanya namanya yang agak membuat orang pusing untuk membacanya, tapi efek dari letusan gunung ini juga cukup memusingkan. Semburan abu vulkanik yang memenuhi udara langsung mengacaukan seluruh penerbangan di Eropa, menyebabkan kerugian besar-besaran pada masa itu.

Gunung Unzen (Jepang)
Pada tahun 1991 silam, sempat terjadi letusan dahsyat yang merusak daerah sekitarnya dan menewaskan puluhan orang. Jauh sebelumnya, tepatnya pada tahun 1792, kubah lahar dari gunung ini pernah roboh dan menyebabkan tsunami yang menewaskan sekitar 15 ribu orang.

Gunung Kelud (Indonesia)
Lagi-lagi gunung di Indonesia masuk dalam jajaran letusan gunung terdahsyat di dunia. Gunung ini telah meletus sejak abad ke-15 dan menewaskan puluhan ribu orang. Contohnya saja pada tahun 1586, terjadi letusan dahsyat dan menimbulkan korban jiwa sebanyak 10 ribu orang serta merusak daerah-daerah di sekitar gunung.

Gunung Lamington (Papua New Guinea)
Gunung ini sempat tidak dikenali oleh penuduk setempat dan mengiranya sebagai bukit yang tertutup pepohonan lebat. Namun, sekitar tahun 1951, gunung yang dikira gunung biasa ini menyemburkan lahar dan awan panas.
Tiga hari setelah kejadian itu, sebuah letusan dahsyat terjadi dan menimbulkan debu vulkanik yang langsung menutupi langit serta hujan magma. Tercatat sekitar 3 ribu jiwa telah menjadi korban dari letusan ini.

0 komentar:

Posting Komentar