Pages

Jumat, 04 Maret 2011

SPAM

Bagi sebagian pengguna komputer, khususnya “pemain baru”. Mengistilahkan segala bentuk gangguan komputer sebagai sebuah virus. Memang, awal mula sebuah program yang bersifat mengganggu dikenal dengan istilah virus. Akan tetapi seiring perkembangan teknologi informasi, virus komputer mempunyai banyak “varian”. Tidak semua program yang mengganggu komputer bisa dikategorikan virus; sama seperti penyakit yang menyerang manusia, tidak semua disebabkan karena virus.
Salah satu “varian” dari gangguan terhadap komputer dan media informasi lainnya adalahspam. Tahun 1864, sebuah telegram komersial menyebar. Asal muasal istilah Spamadalah sebuah serial komedi yang disiarkan BBC pada tahun 1970. Setting komedi tersebut merupakan sebuah kafe yang memiliki kata spam pada menunya. Saat pelayan mengeluarkan menu, sekelompok Viking bernyanyi, “spam! spam! spam! Lovely Spam! Wonderful Spam!”. Kata spam yang berulang-ulang itu mengacu pada merk daging sapi kalengan asal Argentina.
Pengertian Spam
Secara bahasa, Spam berarti sampah. Dikatakan “sampah” karena sifatnya yang “tidak berguna” dan keberadaannya yang tidak dikehendaki. Sedangkan menurut WikipediaSpam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal.
Bentuk-Bentuk Spam
Meskipun Spam lebih dikenal sebagai email sampah, tetapi sebenarnya masih banyak lagi media yang digunakan untuk menebar Spam. Dibawah ini adalah jenis dan bentuk Spam:
  • Surat Elektronik
Spam email atau surat elektronik merupakan praktik pengiriman pesan dalam email yang tidak diinginkan  dalam jumlah besar. Pesan yang dikirim dan tampil di mailbox biasanya berupa iklan suatu produk, tetapi ada juga spam yang ditunggangi virus Trojan.
  • Pesan instant
Spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan. Meskipun memiliki banyak kekurangan dibandingkan email, menurut laporan dari Ferris Research, 500 juta spam pesan instan yang dikirim pada tahun 2003, jumlahnya naik dua kali lipat dibanding tahun 2002. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers
  • Usenet Newsgroup dan forum
Spam jenis ini mampir di forum-forum diskusi Internet dan pengiriman berita ataupun artikel seperti Newsgroup. Umumnya Spam yang beroperasi melalui media forum dan newsgroup dilakukan oleh robot spam otomatis.
  • Telepon genggam
Selain media Internet, Spam juga menyerang layanan pesan singkat (SMS). Spam pesan yang dikirim ke ponsel tidak hanya mengganggu, tetapi sering kali dikenakan biaya setiap kali menerima Spam pesan.
  • Web search engine spam
Spam ini disebut juga spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing.Spamdexing ini mengacu pada praktek di WWW dari modifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan spam di mesin pencari dengan relevansi paling tinggi. Banyak mesin pencari modern memodifikasi pencarian algoritma mereka untuk mencoba mengecualikan halaman web menggunakan taktik spamdexing. Misalnya, mesin pencari akan mendeteksi kata kunci yang berulang sebagai spam dengan menggunakan analisis tata bahasa. Jika pemiliki web ditemukan memiliki spam untuk meningkatkan halaman palsu tersebut, situs web dapat dikenakan sanksi oleh mesin pencari.
  • Blog, wiki, dan buku tamu
Spam blog atau “blam” secara singkat adalah spam pada weblog. Pada tahun 2003, jenis spam ini mengambil keuntungan dari komentar terbuka dalam blog perangkat lunak Movable Type dengan berulang kali menempatkan komentar untuk berbagai posting blog. Serangan serupa sering dilakukan terhadap wiki dan buku tamu, keduanya menerima kontribusi pengguna.

0 komentar:

Posting Komentar